JUKLAK KML PUSDIKLATCAB RINJANI GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG LOMBOK TIMUR

Foto Bersama KAPUSDIKLATDA, KAKWARDA DAN KAPUSDIKLATCAB LOTIM

PETUNJUK PELAKSANAAN KURSUS MAHIR TINGKAT LANJUT (KML)PUSDIKLATCAB RINJANI

BAB I

PENYELENGGARA

Pasal I
Penyelenggara
Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Ke-3 (KML III ) tahun 2012 ini diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (PUSDIKLATCAB RINJANI) Gerakan Pramuka Kwarcab Lombok Timur.

1. NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini bernama”Kursus Pembina Pramuka Mahir Tinggat Lanjutan Ke -3 tahun 2012 disingkat KML III tahun 2012”

2. TEMA

“ Mengembangkan Nilai – Nilai Karakter Bangsa Melalui Kepramukaan Yang Berkwalitas Dalam Integrasi Pembelajaran dalam Pendidikan Formal Secara Profesional dan Bersolidaritas Tinggi ”

3. MOTTO

“Satya-ku Kudarmakan Dharma-ku Kubaktikan” “Ihlas Bakti Bina Bangsa Ber Budi Bawa Laksana”

Pasal 2

Pelaksanaan

1. WAKTU

hari : Jum’at s/d Kamis

tanggal : 21 – 27 Desember 2012

  1. TEMPAT

kegiatan ini dilaksanakan AULA “SATYA DARMA BAKTI PRAMUKA ”  KWARCAB LOMBOK TIMUR,

  1. TUJUAN

Tujuan

  1. Meningkatkan pola fikir Pembina yang sesuai dengan pola, Pembinaan  dan pengembangan sebagai generasi muda agar dapat ikut serta bertanggungjawab atas kelangsungan hidup gerakan pramuka dimasa yang akan datang.
  2. menyiapkan dan memberi bekal pengetahuan lanjutan dan pengalaman praktis Pembina pramuka melalui kepramukaan dalam satuanya.
  3. Menyiapkan kader sebagai pemegang estafet gerakan pramuka di Kwarcab Lombok Timur.
  4. memberi pengetahuan lanjutan dan pengalaman praktis sebagai bekal untuk membina peserta didik dan mengelola satuan (perindukan, ambalan,dan racana)
  5. Menyiapkan peserta agar dapat menerapkan dasar-dasar pengetahuan tentang pengelolaan dan pembinaan Gerakan Pramuka.
  6.  Mmenyiapkan peserta untuk mampu mengembangkan dirinya sehingga berperan sebagai pemimpin dan Pembina yang dapat diandalkan.
  7. peserta dapat mengetahui dasar dan pengalaman praktis dalam membina peserta didik.
  1. Dasar Pelaksanaan
    1. Anggaran Dasar dan Rumah Tangga Gerakan Pramuka
    2. PP Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor : 18 TAHUN 2002 Tentang SISTEM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN ANGGOTA DEWASA DALAM GERAKAN PRAMUKA
    3. Program Kerja PUSDIKLATCAB RINJANI Tahun 2012.
    4. Intruksi Kapusdiklatcab dan hasil Rapat PUSDIKLATCAB  RINJANI Tanggal 12 Nopember 2012
    5. Biaya Pelaksanaan

Kegiatan ini dikatakan kegiatan madiri dengan subsidi dana dari PUSDILATCAB Gerakan Pramuka Kwarcab Lombok Timur untuk 40 orang sehingga peserta hanya mengeluarkan kontribusi (dana sharing) biaya pelaksanaan sebesar Rp. 250.000 / untuk kebutuhan pribadi peserta, makan, minum , Snac dan Selayer selama kegiatan sedangkan segala perlengkapan dan kebutuhan lainnya akan dibiayai oleh PUSDIKLATCAB.

BAB II

PESERTA

Pasal 3

Peserta

Peserta KML Ke-3 adalah semua Pembina pangkalan yang memenuhi syarat sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh PUSDIKLATNAS Kwartir Nasional gerakan pramuka , dengan penyebaran peserta berasal dari semua kwarran di Lombok Timur denga jumlah masing-masing  2 orang tiap kwartir ranting dengan ketentuan 1 Pa dan 1 Pi.

Pasal 4
Syarat Peserta

1.UMUM
a) bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b) Warga Negara RI
c) berkelakuan baik
d) sehat jasmani dan rohani
e) Bersedia dan sukarela menjadi Pembina Pramuka
f) Sudah Mengikuti Pendidikan Kurus Pembina Mashir Tingkat Dasar (KMD)

2.KHUSUS
a) Mendapatkan izin dari tempat kerjanya
b) Mendapat rekomendasi dari gudep/kwartir
c) Bersedia mengikuti KML secara penuh dengan mengambil dua jurusan yaitu PENEGAK  dan Siaga (salah satu pilihan )

d) Menyerahkan Foto Kopy Ijazah KMD dan Keterangan narakarya I
e) Mengisi formulir pendaftaran (Biodata Peserta)

f) Menyerahkan Pas Foto Warna Pakian Pramuka Lengkap Ukuran 3×4 dua lembar

3.ADMINISTRASI
a) Mendaftar diri kepada Panitia (Pusdiklatcab)
b) Membayar kontribusi peserta sebesar Rp. 250.000,-/ Peserta
c) Untuk Konfirmasi pedaftaran bisa contac person : Ka’ Jany : 087763465073, tempat pendaftaran : Burhan (Staf Administrasi Kwarcab Lotim / LTD Pusdiklatcab) : 085238603724/081917732044

4. BATAS PENDAFTARAN

a) Pendaftaran ditutup  H-5 Pelaksanaan KML, yaitu tanggal 16 Desember 2012,

b) jika pada tanggal tersebut nama peserta dari salah satu kwarran belum masuk, maka dianggap

    tidak akan mengirim peserta dan akan digantikan oleh kwarran lain yang siap mendelegasikan peserta pada saat itu.
PASAL 5
Perlengakapan peserta

Peralatan pribadi :
1) seragam pramuka
2) kaos lapangan
3) alat tulis
4) peralatan ibadah
5) peralatan MCK
6) peralatan dan obat pribadi
7) tali pramuka
8) tongkat pramuka
peralatan kelompok :
1) Tikar
2) Pasak
3) Tali
4) Lampu + fiting + kabel (bila perlu)

Pasal 6

Hak peserta

  1. Pesrta berhak mendapatkan fasilitas yanhg telah tersedia.
  2. Peserta berhak mengeluarkan pendapat, ide, gagasan, saran, kritik, dan semacamnya yang bersifat membangun, hubungannya dengan system pelayanan sarana dan prasarana sesuai kondisi.

 Pasal 7

Kewajiban peserta

  1. Peserta wajib menjaga nama baik Pramuka / Pembina
  2. Peserta wajib menjaga kebersihan, ketertiban, keamanan, kesopanan selama kegiatan.
  3. Peserta wajib melaksanakan tugas yang telah di sepakati dan yang telah diamanatkan kepadanya
  4. Peserta wajib mentaati peraturan yang telah ditentukan oleh reka kerja KML
  5. Peserta wajib mengikuti semua kegiatan yang ada
  6. Selama kegiatan, peserta tidak diperbolehkan untuk ijin, kecuali dalam keaaan darurat.

BAB III

PANITIA PELAKSANA

Pasal 8

Pelaksana

Kegitan ini langsung dilaksanakan oleh PUSDIKLATCAB RINJANI Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lombok Timur dengan pertanggung jawaban langsung oleh waka binawasa Gerakan Pramuka Kwatir Cabang Lombok Timur. Dengan membentuk TIM KURSUS yang nantinya di SK-kan oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang

 

Pasal 9

TIM KURSUS

Tim Kursus dibentuk oleh PUSDIKLATCAB yang ditetapkan oleh surat Keputusan kepala PUSDIKLATCAB, yang terdiri dari Aggota Korp Platih Gerakan Pramuka Kwartir cabang Lombok Timur. Yang terdri dari Seorang Ketua erangkap anggota , Seorang Sekretaris merangkap anggota dan 10 Orang Instruktur merangkap anggota. Yang dalam kegiatan Kursus tersebut dibantu oleh 6 orang TLD (Tenaga Lapangan Diklat)

 Pasal 11

Kewajiban Tim Kursus (Pelatih/Instruktur)

  1. Tim Kursus wajib menjaga nama baik Korp.
  2. Tim Kursus wajib menjaga kebersihan, tatatertib, keamanan, kesopanan selama memberikan materi dalam kegiatan kursus.
  3. Tim Kursus wajib melaksanakan tugas yang telah disepakati dan yang telah diamanatkan kepadanya.
  4. Tim Kursus wajib koordinasi dengan Tim Kursus lain

 pasal 12

Pembagian Tugas Tim Kursus

  1. Ketua (Pimpinan Kursus/PINSUS), bertugas mengkoordinasi bawahan dan bertanggung jawab sepenuhnya atas terlaksananya kegiatan, memimpin semua pertemuan yang diadakan (repiew da evaluasi hasil kursus dalam 24 jam), dan melaporkan semua hasil kegiatan
  2. Sekretaris, bertugas mengkoordinasi, merencanakan segala administrasi yang berkaitan dengan kegiatan, bersama ketua, sebagai notulen dalam segala pertemuan yang diadakan, mengarsipkan segala dokumen.
  3. Kesekretariatan, bertugas membantu segala kebutuhan yang berkaitan dengan sekretaris.
  4. Pemateri, bertugas untuk mengghubungi pemateri baik pra KML, maupun selama kegiatan.
  5. Pendaftaran, bertugas untuk mencatat semua calon peserta dan membawa syarat- syarat pendaftaran.
  6. PPPK, bertugas menyediakan obat-obatan yang menunjang kegiatan.
  7. Keamanan, bertugas mengamankan semua kegiatan.
  8. Tenaga Lapangan Diklat (TLD), bertugas membantu semua Instruktur/Pelatih yang membutuhkan.

BAB IV

KEGIATAN

pasal 12

Kegiatan

Kegiatan kursus mahir lanjutan ke-3 (KML III) tahun 2012 terdiri dari berbagai kegiatan adalah sebagai berikut,
1. kegiatan umum

a. upacara

b. persaudaraan

c. sholat

2. kegiatan pengembangan wawasan

a. diskusi

b. ceramah dari pelatih

c. pengembangan secara pribadi

3. kegiatan khusus

a. penugasan

b. kegiatan lapangan
Pasal 13
Tanda penghargaan

Peserta yang aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan selama kursus mahir lanjut ke-3 (KML III) tahun 2012 akan diberikan tanda penghargaan berupa, ijazah KML dari PUSDIKLACAB dan Surat Keterangan Nara Karya II dari Kwartir cabang Lombok Timur.

a. kriteria mendapatkan Ijazah

  1. Telah mengikuti KML dari awal sampai akhir sekurang – kurangnya 85% dari seluruh kegiatan
  2. tidak pernah melanggar tata tertib yang dikeluarkan Panitia dan atau Rapat Pleno Pesrta
  3. Lulus dalam Free test dan Post Tes

b. Syarat mendapatkan Nara Karya

  1. Terdaftar sebagai peserta KML
  2. Memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebagaimana poin a.1- 3
  3. Menyelesaikan Laporan Pengembangan KML(RTL) selama 6 Bulan

pasal 14
tanda pengenal

1. Tanda Pengenal

1) seragam pramuka lengkap (SPL)

2) kaos team

3) tanda peserta

2. bentuk dan warna cocard

1) bentuknya kotak segi empat

2) warna kuning untuk panitia

3) warna merah untuk peserta

3. tanda pengenal dipakai untuk panitia dan peserta

BAB V

PERTEMUAN-PERTEMUAN

Pasal 15

Rapat koordinasi

Rapat yang diadakan untuk mengkoordinasikan TIM KURSUS dan sekaligus sebagai laporan kerja dari masing-masing Instruktur , yaitu dilaksanakan sebelum kegiatan, waktu kegiatan dan setelah selesai kegiatan KML 3 dilaksanakan.

 

Pasal 16
Breving

Rapat yang diadakan saat kegiatan berjalan yang bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang timbul pada saat pelaksanaan kegiatan, baik menyangkut sarana, lokasi dan kurikulum Pelatihan Pembina.

 

Pasal 17
Rapat laporan pertanggungjawaban

Rapat yang diadakan pada akhir kegiatan yang bertujuan untuk melaporkan secara paripurna kegiatan yang telah dilaksanakan, evaluasi kegiatan, dan pembubaran TIM Kursus.

 

Pasal 18

Rapat darurat

Rapat diadakan apabila terjadi sesuatu permasalahan yang harus segera mungkin untuk diselesaikan

melalui forum.

BAB VI

SARANA PRASARANA

Pasal 19

MCK

1) Kebutuhan air bersih dan MCK peserta dari PDAM dan di lokasi

2) MCK disediakan dalam bentuk permanent

3) Sebagai cadangan jika penuh bisa numpang di rumah penduduk atau kantor-kantor dinas  sekitar lokasi KML 3.

Pasal 20
Kesehatan

Selama kegiatan kursus mahir lanjutan ke-3 (KML III) tahun 2012 berlangsung disiapkan tenaga PPPK dari team PPPK SAKA BAKTI HUSAHA (Puskesmas Setempat) yang dikoordinatori oleh Pimpinan Dewan Saka bakti Husada dengan menggunakan tanda pengenal untuk membantu penangan seluruh peserta. (kecuali peserta yang mempunyai penyakit khusus harus membawa obat pribadi)

Pasal 21

Keamanan

Keamanan dan ketertiban dikursus mahir lanjutan ke-3 (KML III) tahun 2012 pada prinsipnya diadakan system swakarsa(masing-masing) dan di Bantu oleh petugas kemana  dari Polsek/Polres setempat.

Pasal 22

Sarana session

Kursi yang telah tersedia dan berupa papan tulis (white board), LCD Proyektor, Laptop, pengeras suara,(mega phone, wireless, dan lain-lain)

Pasal 23

Akomodasi/Penginapan

Selama kegiatan disediakan sarana akomodasi yaitu berupa satu buah lapangan untuk pemasangan tenda dan ruangan untuk alternatif yang ada ditempat kegiatan.

 

 ABAB VII

KONSUMSI

Pasal 24

Konsumsi

Selama kegiatan kursus mahir tingakt lanjutan ke-3 (KML III) tahun 2012 konsumsi bagi peserta ditanggung Panitia Kerja selama Kegiatan berlangsung, terhitung dari sejak cek in sampai cek out (Penutuan). Yang terdiri dari 3 kali makan dan satu kali snack wktu break.

 

 BAB VIII

TATA TERTIB

PASAL 25

Tata Tertib (ditentukan kemudian oleh peleno peserta)

 

BAB IX

ATURAN TAMBAHAN

Pasal 26

Aturan tambahan

Bila dianggap perlu, demi kelancaran kegiatan kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan ke-3 (KML III) tahun 2012, maka hal-hal yang belum tercantum dalam jutlak ini akan diatur kembali dalam pasal lain.

BAB X

PENUTUP

Pasal 27

Penutup

Demikianlah pedoman petunjuk pelaksanaan ini dibuat dalam rangka Kursus Mahir Lanjutan ke-3 (KML III) tahun 2012 yang digunakan dalam pedoman umum bagi tugas-tugas Tim Kursus/Panitia/TLD dan peserta dalam kegiatan tersebut.

 

Ditetapkan di : Selong

Tanggal           : 10 Nopember 2012

 

PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (PUSDIKLATCAB) RINJANI

KURSUS MAHIR LANJUTAN KE-3(KML III ) TAHUN 2012

Mengetahui :

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Lombok Timur 

Drs. H. GUFRANUDDIN, Dipl. Tesol, MA

NTA. 2303000 000 001

PUSDIKLATCAB RINJANI

 

 

 

 

Drs. H.M.QIYAMUDDIN SAMAN, MM

Kepala

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s