HARI GURU……?

PUSDIKLATCAB GERPRA LOTIM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI GURU SEMOGA MOMEN PENTING INI AKAN MENJADI TONGGAK BERSEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALITAS SEBAGAI PENGAJAR DAN PENDIDIK. DAN SEMOGA ALLAH SENANTIASA MEMBERIKAN PETUJNUK KE JALAN YANG BENAR, AMIN

 

“Seorang guru teladan pernah ditanya mengapa dia tertarik menjadi guru?Jawabnya adalah karena guru (bahkan hanya guru) yang dapat merasakan dan menyentuh pinggiran masa depan. Dia tidak berharap dapat menyentuh masa depan karena hal itu adalah sesuatu yang mustahil. Tetapi cukup dapat menyentuh pinggiran masa depan, karena melalui persinggungan dengan peserta didiknya yang mewakili masa depan tersebut, profesi guru menjadi jauh lebih menarik daripada profesi yang lain” (sambutan kemendiknas Pada hari Guru 2011).

Itulah sesungguhnya jawaban Guru Teladan dan profesional, sementara ini indikator profesionalisme guru tidak dilihat dari seberapa hebat prestasi yang ditorehkan oleh guru tersebut tetapi  usianya, lamanya ngajar, pangkat dan entahlah, padahal indikator profesionalisme itu sangat syarat dengan kompetensi ideal dan pengabdian sebagai hamba Allah dan Abdi negara. bagaimana tidak dengan keluarnya UUD Dosen dan Guru membuat sebuah keniscayaan bagi guru untuk disertifikasi sebagai guru yang mengatasnamakan profesional dengan imbalan mendapatkan tunjangan gaji tiap bulan setara dengan gaji pokok tiap bulan, siapa yang tidak keblinger untuk menjadi guru yang profesional, tetapi marilah kita menengok sejenak pada fakta yang ada dilapangan, pernahkan diuji general kinerja guru profesional tersebut ? ambilah contoh seberapa besar kontribusi kemajuan system kinerja dan prestasi kerja guru tersebut sebelum sertifikasi dengan sesudah sertifikasi, apa hal-hal yang sangat signifikan yanag dapat ditorehkan sebagai guru profesional ? ini merupakan sebuah judul yang sangat menarik untuk kita jadikan sebuah kajian, mudah2 an dengan cukilan sederhana ini akan mampu membuka otak dan nurtani kita sebagai guru profesional akan tanggung jawab masa sekarang maupun masa depan….!!!

tidak bisa dipungkiri bahwa proses selsksi guru profesionalsangat tidak masuk akal, entahlah siapa yang salah apakah petugas didinas atau dipusat sama sekali kabur tidak ada yang bisa dikatakan salah atau benar. kenapa demikian apa jawab mereka kalau ditanyakan sebuah pertanyaan yang sempat terlontar didepan pejabat yang bertanggung jawab ” Dari Sudut pandang mana dikatakan Guru bantu dan Kontrak atau GTT yang baru beberapa tahuin ngabdi menjadi guru yang profesional (dapat sertifikasi) semntara banyak guru yang senior pangkat tinggi dan masa kerja yang sangat banyak sampe sekarang ga kunjung2 dapat ada apa dibalik semua ini  ?, jawabnya ringan dan singkat hanya “itu kuota”, jawaban yang sangat tidak profesional ! dan ahirnya   penulis berkesimpulan bahwa ternyata sertifikasi ini hanya sekedar alasan untuk mendongkrak kenaikan gaji guru saja, yanag secara politik akan mendongkrak kepercayaan guru kepada pemerintah, karuan saja…imbasnya..tidak ada perbedaan antara guru sertifikasi dengan guru belum sertifikasi, sama-sama ngajar 24 jam, sama-sama masuk pukul 07.00,  menggunakan metode yang mengajar yang sama !  bahkan setiap datang pengawas keliahatan agak tegang karena tidak siap secara general sebagai guru yang profesional,….uuhh…tapi apapun kenyataannya mudah-mudah semua ini cepat berlalu dan diganti dengan cahaya mentari pagi menerangi jiwa kita masing-masing dan senantiasa mendapat rizki yang halal dan barokah dari tetesan keringat kita sebagai guru, dan mendapat petunjik dari Allah mengiringi anak-anak bangsa menyongsong masa depannya…amin….(Ti74ny@gmail.com)

2 thoughts on “HARI GURU……?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s